'/>
Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Pokja Pantau REDD Lakukan Penguatan di Daerah



PALU-Kelompok kerja (Pokja) pemantau program REDD di Sulteng akan melakukan penguatan di 5 Kabupaten yang akan dijadikan tapak projek implementasi program tersebut.
Koordinator Pokja, Supardi Lasaming,kepada media ini selasa(29/3) mengatakan,pengutan itu berupa kegiatan lokakarya kampong dan Focus Grup (FGD) baik di desa yang akan dijadikan lokasi Demonstratif Activities (DA) maupun di ibukota kabupaten.

Lokasi di Poso,Parigi Moutong,Donggala,Tolitoli dan Tojo Una-una.Kami berharap,masyarakat diwilyah itu kritis dan benar-benar mengetahui implementasi program tersebut,Harapannya masyarakat tidak dibatasi wilyah kelolanya saat implementasi program,”kata Supardi.
Menurutnya,kegiatan tersebut akan berlangsung pada bulan depan dengan melibatkan semua elemen masyarakat di kabupaten dan mereka yang bermukiman di wilyah sekitarhutan.Bagi Pokja,masyarakat perlu mendapat posisi tawar yang setara atas implementasi program tersebut,tidak terbalik hanya menjadi penonton.
Selain itu menurut dia,mekanisme Free Prior and Informed Consent (FPIC) yang merupakan mekanisme atas akses informasi di awal sebelum implementasi proyek,menjadi harga mati Yang  harus dijalankan.Artinya ,dalam proses negosiasi awal masyarakat diminati persetujuannya. 
Sumber : Media Alkhairaat

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda