'/>
Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Pohon Bakau Terancam di Donggala

DONGGALA-penggusuran tanaman pohon bakau atau mangrove dikawasan pantai kelurahan tanjung batu dan kelurahan kabonga kecil, Kacamatan Banawa kabupaten donggala semakin mengkhawatirkan. Kekhawatiran itu diungkapkan Andi Anwar pemerhati lingkungan dari Yayasan Bone Bula Donggala, Senin (21/2) terkait tanaman bakau tidak lagi terurus.
 "Padahal tanaman bakau telah lama hidup dipantai kota Donggala itu bukan saja menjadi penghambat abrasi, tetapi menjadi habitat berbagai hewar air. Cuma saja belakangan ini terancam punah dengan penimbunan pantai untuk jalan lingkar," ungkap Anwar
Menurutnya, ancaman  bakau didonggala bukan saja adanya reklamasi pantai, tetapi ada pula pembuangan limba plastik daur ulang dikelurahan tanjung batu. Akibatnya selain merusak ekosistem yang ada, juga dirasakan dampaknya bagi nelayan tradisional yang selama ini hanya mengandalkan penangkapan ikan di pesisir pantai kota Donggala.
Paling memprihatinkan belakangan ini dikawasan tanjung karang belakangan sering di temui ular air yang sebelumnya tak lazim muncul. Pihak Bone Bula menduga kalau ular yang muncul ditepi pantai Tanjung karang itu merupakan migrasi dari hutan bakau yang rusak di tanjung batu. "tetapi itu baru dugaan sementara," kata Anwar.(Jamrin AB)
(Sumber : Media Alkhairaat 22-02-2011)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda