'/>
Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Masyarakat calon pengelola HKm di Donggala ikut sekolah lapang

Berita Palu.com
PALU-Masyarakat Calon Pengelola Hutan Kemasyarakatan selama tiga hari mengikuti sekolah lapang yang dilaksanakan di Desa Amal Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang di fasilitasi Relawan untuk Orang dan Alam.
Rizal, Ketua ROA mengatakan masyarakat yang berada disekitar hutan  dapat menikmati  berbagai hasil hutan  bukan kayu serta manfaat hutan secara ekologis. Kondisi hutan yang baik selain bisa memberikan sumber  penghidupan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya, bagi masyarakat yang jauh  dari hutan  juga merasakan  kenyamanan, kesejukan, jauh dari bencana, sumber air terjaga dan hasil pertanian meningkat.  

“Berangkat dari skema-skema kehutanan yang ada dalam hal ini Hutan Kemasyarakatan maka penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas masyarakat yang berada di sekitar hutan agar dapat mengelola hutan secara lestari,”ungkapnya.

Ia menambahkan untuk mencapai itu, Maka ROA bersama-sama masyarakat calon pengelola HKm di enam desa di tiga kecamatan di Kabupaten Donggala melaksanakan sekolah lapang yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Donggala, Anhar.

Rizal menyampaikan tujuan dari sekolah lapang tidak lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan  dan pemahaman kelompok pengelola HKm dalam rencana pengelolaan hasil hutan dan pertanian. “Hasil dari sekolah lapang tersebut diantaranya adanya plan kerja bersama Kelompok Pengelola HKm terkait dengan pengelolaan hasil hutan. Meningkatnya keterampilan dalam mengelola hasil hutan dan pertanian dan terbukanya akses pasar dalam menjual hasil produksi,”Harap Rizal.(bal)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda