'/>
Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

DDC Kampanyekan perlindungan terumbu karang di hari Kemerdekaan

DONGGALA-Sebanyak 15 orang penyelam yang tergabung dalam Donggala Diving Club (DDC) yang selama ini konsern terhadap perlindungan terumbu karang dan biota laut melakukan aksi kampanye bersamaan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 lalu.

Sofandi Sohar ketua DDC mengatakan terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber daya laut yang sangat penting di Indonesia. Sumber daya terumbu karang merupakan salah satu sumber pendapatan utama dan bagian dari hidup nelayan.

“Terumbu karang juga mempunyai nilai estetika sangat tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa negara. Secara fisik karang melindungi pantai dari degradasi dan abrasi,”ujar Sofandi Sohar.

Didi menambahkan disamping itu terumbu karang mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai tempat memijah, mencari makanan, daerah asuhan dari berbagai biota laut dan sebagai sumber plasma nutfah serta merupakan sumber berbagai makanan dan bahan baku substansi bioaktif yang berguna dalam bidang farmasi dan kedokteran.
Sementara itu Amil Lako sebagai koordinator Konservasi dan keanekaragaman Hayati DDC menyampaikan fungsi terumbu karang yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai sarana pendidikan dan penelitian, karena itu dilihat dari nilai pentingnya terumbu karang tersebut, maka perlu adanya konservasi dan pengelolaan untuk menjaga dan memelihara ekosistem tersebut dan habitat yang berasosiasi di sekitarnya agar berada dalam kondisi yang baik.

Pengelolaan terumbu karang secara lestari dan berkembang sangat penting, artinya ekosistem terumbu karang yang sangat produktif dapat mendukung kehidupan nelayan setempat. Jika habitat terumbu karang tidak diusik maka fungsinya akan optimal dan produksi ikan karang akan dapat dipanen secara berkesinambungan dan memberi keuntungan secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat di seluruh Indonesia untuk masa kini dan masa yang akan datang sejalan pembangunan nasional.

Terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat kompleks dan produktif dengan tujuan dengan keanekaragaman jenis biota sangat tinggi. Indonesia merupakan pusat sebaran dari jenis karang yang ada di dunia. Variasi bentuk pertumbuhan karang di Indonesia sangat kompleks dan luas, sehingga dapat dipakai sebagai tempat tumbuh bagi biota yang lain. Karang membentuk kerangka kapur yang terdiri dari CaC03 dan di dalam polyp karang terdapat zooxanthella yang merupakan symbion karang. Zooxanthelia ini berupa algae bersel satu yang membantu dalam pembentukan kerangka kapur.

Pembentukan kapur ini sangat penting artinya dalam mengurangi jumlah karbon yang ada di udara. Karbon yang ada di udara akan diubah menjadi CaC03. Para pakar telah menghitung kemampuan karang mengambil karbon yaitu 111 juta ton/tahun yang ekivalen dengan 2 % dari seluruh karbon yang ada.

“Diramalkan bahwa pada 50-100 tahun yang akan datang karang dapat menyerap 4 % dari jumlah karbon (C02) yang dilepas di udara, itu jika kondisi terumbu karang di dunia tidak mengalami kerusakan,”ungkapnya.

Kampanye yang dilaksanakan pada hari kemerdekaan RI ke-68 lalu DDC menggelar Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dalam laut selama hampir satu jam, sebanyak lima belas penyelam berkontribusi dalam acara ini dan dilaksanakan tepat di depan Pantai di Prince Jhon Dive Resort di Tanjung Karang Donggala dengan kedalaman penyelaman sembilan meter.

Pengibaran tersebut layaknya pengibaran didaratan yang menggunakan tali sebagai alat untuk menaikan bendera namun bedanya kalau didarat menggunakan tiang tapi didalam laut dilakukan tanpa tiang karena Tali yang berfungsi sekaligus tiang diikatkan pada sebuah balon emergency signal atau dalam istilah setempat disebut dengan nama bui.

Selain itu, juga lengkap dengan komandan upacara serta peserta upacara hanya saja semua aba-aba dilakukan dengan kode-kode penyelaman serta kode-kode lainnya yang telah disepakati dan untuk lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh peserta dalam hati saja setelah mendapat tanda dari komandan upacara.

Kegiatan pengibaran bendera didasar laut memang bukan hal baru dilakukan oleh para penyelam namun DDC memanfaatkan moment ini sebagai bentuk semangat Nasionalisasi serta bagian dari upaya kampanye terhadap upaya pelestarian dan perlindungan terumbu karang beserta biota laut di Kabupaten Donggala

“Kami berharap kegiatan ini memberikan inspirasi kepada masyarakat serta Pemerintah untuk lebih peduli terhadap perlindungan dan pelestarian ekosistem pesisir dan laut di Donggala khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya”  ujar Sofandi Sohar(bal)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda